Website Resmi SMA Negeri 1 Tamansari Kab.Bogor

Habituasi Pengembangan Ekstrakurikuler

Penerapan pendidikan karakter Gapura Pancawaluya SMAN 1 TAMANSARI aspek Pengembangan Ekstrakurikuler dilaksanakan dalam bentuk:

  1. Pembinaan rutin kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung penguatan karakter peserta didik

  2. Pelaksanaan program ekstrakurikuler berbasis minat dan bakat dengan integrasi nilai-nilai karakter

  3. Kolaborasi antar-ekstrakurikuler dalam kegiatan sekolah dan masyarakat yang mencerminkan nilai budaya sekolah

Kegiatan yang dilaksanakan dalam aspek ini meliputi:
 latihan rutin ekstrakurikuler, lomba internal dan eksternal, pelatihan kepemimpinan, kegiatan sosial kemasyarakatan, pelatihan kewirausahaan, pengabdian masyarakat, pelestarian budaya lokal, pembinaan keagamaan, seminar motivasi, kemah bakti, program sadar lingkungan, serta pelibatan siswa dalam kegiatan upacara dan peringatan hari besar nasional.

Ekstrakurikuler di SMAN 1 Tamansari  tidak hanya menjadi sarana pengembangan bakat dan minat siswa, tetapi juga media strategis dalam menanamkan dan menguatkan nilai-nilai karakter Gapura Pancawaluya. Setiap kegiatan ekstrakurikuler diarahkan agar sejalan dengan nilai-nilai berikut:

1. Gawe Rancage (Kerja Keras dan Inovatif)

Implementasi:

  • Latihan rutin dan disiplin dalam ekstrakurikuler (misalnya: pramuka, paskibra, PMR, olahraga, seni).

  • Penerapan project-based learning seperti membuat karya seni, film pendek, robotik, atau inovasi produk kewirausahaan oleh siswa.

  • Mengadakan lomba kreativitas antar-ekstrakurikuler.

2. Amanah

Implementasi:

  • Penugasan tanggung jawab individu dan kelompok dalam setiap kegiatan.

  • Evaluasi sikap kepemimpinan dan kejujuran dalam menyelesaikan tugas ekstrakurikuler.

  • Membangun budaya tepat waktu dan menyelesaikan komitmen latihan/kegiatan.

3. Silih Asih, Silih Asah, Silih Asuh

Implementasi:

  • Pendekatan mentoring antar anggota senior dan junior di ekstrakurikuler.

  • Kegiatan sosial bersama seperti bakti sosial, kunjungan ke panti asuhan, atau program berbagi (rutin dilakukan pada bulan ramadhan atau urgensi ketika ada kebencanaan di wilayah  yang terdekat)

  • Mendorong komunikasi empatik dan kerja sama antar anggota (saat dilakukan  beberapa kegiatan seperti latihan gabungan, classmeeting, pelantikan gabungan ekstrakurikuler, ketika ada perlombaan baik di dalam maupun  perlombaan di luar sekolah saling mendukung kegiatan )

4. Unggul

Implementasi:

  • Mendorong siswa untuk mengikuti lomba-lomba tingkat lokal, regional, hingga nasional (OSN, LKS, FLS2N, dll) melibatkan beberapa ekstrakurikuler (KIR, Tari, Olahraga, sewni beladiri/silat dll.)

  • Pembinaan khusus untuk ekstrakurikuler berprestasi dengan pelatih eksternal (Marching band, Seni Bela diri, PMR dll.)

  • Evaluasi kinerja rutin dan peningkatan kualitas kegiatan (disetiap pertemuan/ akhir dari kegiatan pelaksanaan dilakukan evaluasi oleh pembina atau panitia pelaksana)

5. Resik (Bersih dan Rapi)

Implementasi:

  • Kegiatan Jumat Bersih yang melibatkan ekstrakurikuler (terjadwal, khususnya minggu ke-2)

  • Menjaga kerapihan atribut dan peralatan ekstrakurikuler.

  • Gerakan sadar lingkungan (green school) melalui ekskul Ecopreneur atau pramuka.

6. Ahli Digital

Implementasi:

  • Pelatihan literasi digital melalui ekskul multimedia

  • Kampanye bijak bermedia sosial melalui karya siswa dan OSAKA

  • Kolaborasi ekskul dengan platform digital sekolah (web sekolah, medsos, YouTube channel)
  • mendokumentasikan setiap kegiatan diberikan kepercayaan kepada ekskul multimedia dan bagian OSAKA departemen IT

Tinggalkan komentar

  • web.sijege.id/
  • akperin.ac.id
  • akunsi.ac.id
  • untu.ac.id
  • utun.ac.id